www.dian-mandala.org

Gaya Hidup Modern dan Kabar Gembira



Oleh: Benedikta Zebua
(Mahasiswa STP DM Tingkat II)
Dunia dewasa ini mengalami perubahan yang begitu cepat dengan ketidakpastian yang kompleks bermakna-ganda. Boleh dikatakan bahwa tsunami gaya hidup modern melanda setiap insan. Banyak hal positif  yang membuat manusia bisa hidup nyaman, misalnya pemakaian alat komunikasi semakin mudah, internet membuat dunia seperti bola kecil, ilmu pengetahuan tersedia gratis melalui google. Selain itu, banyak pula hal negatif seperti berita palsu (hoax) tersebar sebagai virus yang mengakibatkan orang lain sakit dan terluka serta barang mewah diiklankan di mana saja sehingga membuat manusia semakin materialitis dan hedonis. Menghadapi situasi ini, perlu melakukan revolusi mental agar tetap unggul mencapai kesuksesan tanpa semuanya menanggalkan hal-hal yang alami.
Lalu, apa hubungannya gaya hidup modern dan Kabar Gembira (Sukacita Injil)? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memberi arti bahwa gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia di dalam masyarakat. Kata modern diartikan sebagai sikap, perilaku, perbuatan, atau tingkah laku yang sesuai dengan tuntutan zaman. Bila digabungkan, maka pengertian dari "gaya hidup modern" adalah pola terbaru dari tingkah laku sehari-hari segolongan manusia yang sesuai dengan tuntutan zaman.
Gaya hidup modern sebenarnya sesuatu yang netral, bisa positif atau negatif tapi tergantung dari pelakunya. Hal yang perlu dicermati yaitu supaya iman kita tidak terkikis oleh pengaruh negatif atau arus zaman. Sedangkan Kabar Gembira dalam Evangelii Gaudium (Sukacita Injil) yang diserukan oleh Paus Fransiskus bahwa “Masalah besar yang melanda dunia modern akhirnya ikut melanda Gereja juga. Komunitas Kristiani perlu meneliti tanda-tanda zaman dan menanggapinya secara efektif, berkaitan dengan mentalitas negatif budaya modern seperti materialisme, individualisme, dan hedonisme”.


Share this post :
 
Copyright © 2015-2018. Sekolah Tinggi Pastoral Dian Mandala - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting