www.dian-mandala.org

Pentingnya Kebersamaan



Oleh: Mahasiswa STP DM Tingkat II – Kelas Pastoral
Kebersamaan adalah salah satu kegiatan yang dilakukan dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Kebersamaan berawal dari persahabatan. Persahabatan antar sesama memungkinkan terciptanya suasana damai dan menyejukkan. Persahabatan membuat antar sesama saling mengisi, melengkapi, dan menyempurnakan. Sahabat adalah pribadi yang setia menemani kita baik di kala susah maupun senang. Dalam Amsal 17:17 dikatakan: “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi seorang saudara dalam kesukaraan”. Pada kebersamaan tidak ada namanya keegoisan atau mementingkan diri sendiri, melainkan bekerja untuk kepentingan bersama, kesejahteraan bersama (bonum commune).
Dengan kebersamaan, pekerjaan yang berat pun menjadi ringan dan yang sulit menjadi mudah. Sebagaimana dalam peribahasa Nias mengatakan “Aoha noro nilului wahea, aoha noro nilului waoso, alisi tafadaya-daya, hulu tafaewolo-wolo” yang artinya pekerjaan yang dilakukan secara gotong-royong atau bersama-sama akan mudah terselesaikan. Rasa gotong-royong membuat beban pekerjaan yang semula terasa berat akan menjadi ringan dan cepat terselesaikan. Selain itu, dalam suasana kebersamaan juga kita dapat curhat satu sama lain, menolong satu sama lain, dan tidak takut menghadapi tantangan yang menantang tujuan kita. Dalam kebersamaan lahir yang namanya kekompakkan, di mana kekompakkan itu harus dirasakan oleh semua orang yang bersangkutan.
Kebersamaan adalah sesuatu yang sangat diinginkan oleh setiap orang, baik itu kebersamaan dengan keluarga, teman, sahabat, pasangan, dan lain sebagainya. Untuk hidup bersama, kita bisa saling berbagi, menyelesaikan masalah, berjuang bersama, dan bahagia bersama. Kita memang sadari bahwa dalam kebersamaan selalu ada yang namanya konflik, tetapi kekonflikkan bukan sesuatu yang menghancurkan dan menceraiberaikan kebersamaan, namun untuk menguatkan kebersamaan. Kebersamaan itu ibarat sebatang lidi yang sangat mudah dipatahkan, namun apabila lidi-lidi itu dikumpulkan dalam jumlah banyak, maka akan sulit dipatahkan. Begitu pula dengan diri kita, jangan terlalu sibuk menyendiri dan terlalu yakin bahwa setiap masalah bisa diselesaikan sendiri. Kita perlu ingat bahwa kebersamaan akan membuat semuanya terasa indah dan menyenangkan, serta kebersamaan itu mahal dan tak ternilai harganya. 
Kebersamaan adalah salah satu kata dan makna yang mempunyai arti yang sangat indah. Dasar sebuah kebersamaan dapat dilakukan secara ikhlas maupun terpaksa. Kebersamaan juga dapat memotivasi seseorang untuk menggapai cita-citanya, dengan adanya kebersamaan seseorang dapat merasakan kebahagiaan kembali setelah mengalami kesedihan. Maka dari itu, kebersamaan yang kita miliki harus kita jaga baik-baik dan tetap bersama-sama, karena tanpa adanya kebersamaan kita tak akan pernah bisa merasakan indahnya kebersamaan.

Share this post :
 
Copyright © 2015-2018. Sekolah Tinggi Pastoral Dian Mandala - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger - Posting